by

Inilah Pengusir Tikus Alami Yang Ampuh

Pengusir Tikus – Tikus adalah salah satu hewan yang tidak disukai manusia, apalagi kalau tikus itu berada di rumah. Sebagai pengerat, sudah pasti tikus akan memakan semua peralatan rumah tangga dan itu akan sangat mengganggu. Selain itu tikus juga bisa membawa banyak bakteri dan penyakit di dalam tubuhnya. Karenanya, banyak racun pengusir tikus yang dijual di pasaran. Racun-racun itu memang ampuh, namun tentunya karena berupa racun, maka manusia pun harus lebih berhati-hati. Selain oleh racun tikud, banyak dijual pula jebakan tikus yang berisiko lebih rendah daripada racun. Sebenarnya selain kedua barang itu, tikus bisa diusir dengan bahan-bahan alami dan memiliki keampuhan yang tidak kalah dengan racun tikus yang berada di pasaran.

Jangkrik

Apa hubungan jangkrik dengan tikus? Tikus tidak menyukai tempat yang bising dan ramai. Karena itulah dengan menaruh jangkrik di tempat yang biasa dilalui tikus, konon akan mengganggu pendengaran tikus sehingga tikus pun akan menghindari tempat tersebut. Karenanya, memelihara jangkrik juga bisa mengusir tikus dari rumah.

Kulit Durian

Pengusir Tikus Alami

Durian terkenal sebagai buah yang nikmat dan memiliki bau yang menyengat. Ternyata durian juga bisa dipakai untuk mengusir tikus. Yang dibutuhkan adalah kulit duriannya. Cukup potong kulit buah durian dan simpan di tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Durinya yang tajam dan baunya yang menyengat bisa membantu mengusir tikus dari rumah.

Daun Mint

Tanaman mint yang bagi manusia memberikan suasana segar ternyata malah membuat tikus yang menghirup aromanya menjadi lunglai dan lemas. Karenanya, jika kebun di rumah ditanami tanaman mint tentunya akan membantu tikus menghindar untuk memasuki rumah. Cara mengusirnya pun sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan seikat daun mint dan kemudian larutkan dalam air untuk diambil sarinya. Setelah larut, cairan mint disemprotkan ke area yang biasanya dilalui tikus.

Saus Cabai dengan Deterjen dan Air

Campuran antara saus cabai dengan deterjen dan air ternyata ampuh untuk mengusir tikus. Caranya dengan menaruh campuran saus cabai dengan deterjen dan air tadi ke dalam botol semprotan, kemudian semprot cairan tersebut ke tempat yang biasa dilalui tikus.  Caira ini ampuh untuk mengusir tikus karena campuran tersebut membuat tikus merasa panas.

Cuka

Yang membuat cuka tidak disukai bahkan dihindari oleh tikus adalah karena baunya yang menyengat. Caranya adalah menyelupkan kapas dengan cuka, lalu menempatkan kapas tersebut di tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Yang harus diingat adalah saat mencelupkan kapas tersebut pada cuka haruslah menggunakan sarung tangan agar tidak terasa perih. Jika sudah diletakkan, maka tikus akan kapok melewati tempat tersebut dan menghindarinya.

Wangi Cengkeh

Cengkeh dikenal sebagai bumbu dapur dan juga sebagai campuran dalam minuman teh. Hal ini disebabkan karena cengkeh memiliki aroma dan wangi yang khas. Wangi ini tidaklah disukai oleh tikus dan akan segera lari jika tikus mencium wanginya. Cara mengusir tikus dengan wangi cengkeh pun terbilang sangat sederhana dan mudah yaitu dengan memasukkan beberapa potong cengkeh ke dalam sebuah kain kasa. Lalu ditunggu beberapa hari agar cengkeh benar-benar kering. Setelah kering,  letakkan cengkeh yang kering tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Semakin kering cengkeh, maka akan semakin tajam baunya.

Lada Bubuk

Selain sebagai bumbu dapur, lada cengkeh juga bisa membuat manusia bersin-bersin apabila menciumnya. Bagi tikus, senyawa piperin yang dikandung ladak bubuk adalah menyengat, dan ini  membuat tikus menghindarinya. Caranya adalah cukup dengan menaruh sedikit lada bubuk di tempat yang biasanya dilewati tikus, maka tikus pun akan pergi karena merasa terganggu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed